hufa

Published on: 04 Mar 2020

Seputar Virus CORONA (COVID-19)

Seputar Virus CORONA (COVID-19)

Apa Itu COVID-19?

COVID-19 atau yang dikenal dengan Novel Coronavirus 2019 adalah virus baru yang muncul pada Desember 2019 yang merupakan keluarga besar dari Coronavirus, yang diantaranya SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome),MERS (Middle East Respiratory Syndrome), dan virus-virus lain yang menyebabkan gejala lebih ringan seperti Flu / Influenza.

Novel Coronavirus dapat menimbulkan gangguan pada saluran pernafasan seperti Pneumonia­ dan gagal ginjal, hingga menyebabkan kematian. Dari data yang ada diketahui bahwa Novel Coronavirus tidak lebih mematikan dari pada SARS, tetapi lebih cepat penularannya dari manusia ke manusia sehingga lebih cepat menyebar dari pada SARS. Kasus kematiannya pun dalam waktu yang singkat jauh lebih banyak dibandingkan SARS.

Bagaimana Cara Penyebarannya?

Novel Coronavirus penyebarannya dapat bersifat langsung atau tidak langsung, yang sumbernya berasal dari carian yang dikeluarkan oleh orang yang terkontaminasi virus tersebut pada saat batuk maupun bersin. Secara langsung yang dimaksud adalah ketika cairan tersebut langsung terkena pada bagian mata, hidung atau mulut. Secara tidak langsung yang dimaksud adalah ketika orang yang terkontaminasi virus tersebut apabila bersin atau batuk dan cairan itu jatuh ke permukaan benda seperti meja atau handphone kita misalnya, virus tersebut masih dapat bertahan hidup selama beberapa hari. Jika tangan kita menyentuh permukaan yang yang terkontaminasi virus tersebut dan menyentuh bagian mata, hidung atau mulut maka kita akan terinfeksi. Untuk saat ini belum ada bukti dan keterangan yang menyatakan bahwa virus ini dapat menyebar melalui udara.

Apa Gejalanya?

Gejala Novel Coronavirus pada awalnya hampir mirip dengan flu dan batuk yang bisa disertai dengan demam, sakit tenggorokan dan sesak nafas. Demam dengan suhu badan 38 derajat celcius atau lebih sudah bisa dikategorikan dalam gejala terinfeksi virus tersebut. Pada kondisi yang berat gejala ini dapat menyebabkan Pneumonia akut dan gagal gijal hingga mengakibatkan kematian.

Bagiamana Cara Mencegahnya?

Agar kita terhindari dari infeksi virus ini kita dapat melakukan pencegahan. Dalam pencegahan virus ini kita dapat melakukan hal-hal berikut :

  • Sering mencuci tangan dengan sabun
  • Jangan sering menyentuh area wajah
  • Berikan pelajaran kepada anak-anak kita untuk hidup lebih hygienis dan beri suplemen penunjang daya tubuh untuk menangkal virus.
  • Hindari berada di kerumunan orang / tempat umum
  • Hindari orang yang tidak sehat
  • Jika badan terasa tidak sehat, tetap tinggal di dalam rumah, istirahat yang cukup dan minum obat sesuai gejalanya. Namun bila kondisi sakit berlanjut segera hubungi dokter
  • Menutup mulut dengan masker bagi yang sakit flu / batuk / pilek

Kesimpulan :

TANGKAL VIRUS DENGAN DAYA TAHAN TUBUH YANG KUAT

Categories: Medical Info